Subscribe:

18 Sept 2011

PIP, iPython dan VirtualEnv



Saya pakai PIP, iPython dan VirtualEnv. PIP katanya lebih baik dibandingkan easy_install. Menurut saya itu sih masalah selera saja hahaha (becanda ya… silahkan di google dulu perbandingan PIP vs Setuptools). Kemudian iPython jelas harus diinstall karena memudahkan pekerjaan. Ngetik code di python interactive console jadi lebih mudah dengan iPython.
Kalau menginstall iPython jangan lupa untuk menginstall modul readline. Python bawaan dari XCode katanya di link ke libedit (implementasi readline yg dipake Mac OSX). Dan entah bagaimana libedit ini sering bikin crash iPython. Saya beberapa kali mengalaminya saat saya mencoba melakukan tab completion. Solusi tersingkatnya ya override readline dengan modul readline yang tidak dilink ke libedit.
VirtualEnv adalah salah satu keperluan saya berikutnya. Paket ini mempermudah mengelola banyak proyek yang mungkin saja satu proyek dan lainnya membutuhkan environment yang berbeda. Misal proyek A, sudah berjalan dengan baik dengan Django versi 1.1 kalau di upgrade versi djangonya malah harus benerin banyak code misalnya, sedangkan proyek B membutuhkan Django versi 1.2. Nah, virtualenv bisa menyelesaikan masalah ini, karena bisa membuat dua lingkungan yang berbeda dan terpisah satu dan lainnya.
Ok. Singkat cerita yang harus di install adalah.
1
2
3
4
5
sudo easy_install pip
sudo easy_install readline
sudo pip install ipython
sudo pip install virtualenv
sudo pip install virtualenvwrapper
Yang terakhir saya install adalah paket yang mempermudah dalam mengelola virtualenv. Mungkin akan disambung dengan tulisan berikutnya. Mudah-mudahan masih semangat ngeblog lagi.

No comments:

Post a Comment